10 Ide “Gila” untuk bisnis yang bisa kamu coba !

Untuk memulai suatu bisnis, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menemukan “ide” bisnis itu sendiri. Terkadang ide “tergila” pun bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Katakanlah permen dengan rasa muntah yang dapat kamu mainkan bersama teman-temanmu, atau situs sewa pacar yang dapat kamu pakai jasanya ketika menghadiri acara keluarga, atau mungkin yang lebih gila adalah bisnis “Anger Room” tempat kamu bisa melampiaskan amarahmu sepuasnya.

Seperti halnya Nadiem Makarin, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan pendiri salah satu startup terkemuka di Indonesia “Gojek” pernah berkata “anyone can steal your idea, but no one can steal your execution” yang berarti “semua orang dapat mencuri idemu, tetapi tidak ada yang dapat mencuri eksekusimu”. Artinya ide sebagus apapun hanya akan menjadi sebuah ide jika kamu tidak memulainya dari sekarang. Untuk itu, kali ini aku akan memberikan 10 ide untuk bisnis yang dapat kamu coba.

Tidak semua ide-ide yang aku berikan adalah ide yang original, mungkin sudah pernah ada di beberapa negara lain.

1. Bomb Seed

Photo by Joshua Lanzarini on Unsplash

Bomb Seed adalah gumpalan tanah berbentuk bola yang telah diisi dengan bibit pohon. Pertama kali aku melihat bomb seed adalah pada salah satu iklan tentang penghijauan tidak hanya itu-itu saja kegiatannya. Dengan bomb seed kamu bisa bersenang-senang memainkan perang-perangan bersama teman-temanmu di hutan. Selain itu bomb seed tidak harus dibersihkan. Dibiarkan saja maka bomb seed akan menghasilkan pohon di tempatnya ditinggalkan.

2. Parfum Aroma Rokok

Photo by Khai Nguyen on Unsplash

Bagi para perokok mungkin aroma rokok sudah menjadi hal yang biasa. Hal ini akan berbeda jika orang yang tidak merokok berada di dekatmu. Pasti mereka akan protes keras. Nah, kamu yang sedikit jahil bisa mencoba membuat parfum aroma rokok untuk menjahili temanmu.

3. Kamar Amarah (Angry Room)

Photo by Julian Schultz on Unsplash

Kamu mempunyai ruang yang tak terpakai? Mungkin ide bisnis satu ini bisa kamu coba. Dirintis oleh Shawn Baker asal Texas. Dia kemudian menawarkan sebuah ruangan yang diisi dengan sebuah tongkat baseball dan berbagai barang bekas. Pelanggan dapat melampiaskan amarahnya sepuasnya dalam ruangan ini. Eits, tapi pastikan apa yang terjadi di dalam ruangan ini tetap tinggal di dalam ruangan amarah ini, jangan sampai dibawa keluar.

4. Bisnis Udara Segar

Di China terdapat bisnis yang lumayan aneh. Seorang pria bernama Chen berbisnis udara segar dalam kaleng. Dilatarbelakangi dengan tingkat polusi yang sangat tinggi di China, Chen kemudian mencoba menjual udara pegunungan yang diolah kedalaman kemasan kaleng. Bisnis ini pun mendapat reaksi positif dari orang-orang di perkotaan.

5. Bisnis Hangover Helpers

Photo by Marvin Meyer on Unsplash

Bisnis ini diciptakan oleh Regis dan Kelly. Tujuannya untuk membantu orang-orang yang mabuk berat sampai mereka sadar kembali. Mereka akan membantu membersihkan rumahmu dan membawakan makanan sehat yang dapat membantumu pulih dari pengaruh alkohol.

6. Bisnis Sewa Ayam

Photo by The Brewers on Unsplash

Leslie Suitor dari Traverse City, Chicago mempunyai ide bisnis yang terbilang aneh. Dengan tujuan untuk memberikan pengalaman kepada orang-orang yang ingin beternak ayam tetapi belum yakin apakah bisa melakukannya, dia (Leslie) kemudian menyewakan sepasang ayam jantan dan betina, kandang ayam, serta panduan untuk memelihara. Hasil berternak seperti telur atau daging (dari anakan) dapat dijual atau bisa diambil untuk kebutuhan sehari-hari. Pengembalian ayam pun bisa dilakukan kapanpun kamu mau. Bisnis ini sudah lumayan berkembang kurang lebih berada di 17 negara bagian Amerika.

7. Bisnis Memandikan Hewan Peliharaan

Kamu yang mempunyai hewan peliharan, tidak perlu lagi pusing-pusing untuk membawa hewan peliharaanmu ke salon hewan untuk dimandikan. Pada bisnis ini kamu akan menawarkan jasamu untuk memandikan hewan peliharaan.

8. Bisnis Jasa Mendengarkan Curhatan

Photo by Wesley Tingey on Unsplash

Usaha ini pertama kali dikenalkan oleh Takanobi Nishimoto dengan mengenakan tarif USD 10 per jamnya. Tugasmu dalam bisnis ini adalah untuk mendengarkan curhatan klien. Biasanya klien hanya meminta untuk didengarkan. Kamu tidak selalu harus menyediakan solusi terhadap masalah klienmu.

9. Bisnis Jasa Saran Berpakaian

Photo by ian dooley on Unsplash

Kamu bisa menawarkan jasamu dalam menilai penampilan pelangganmu. Dengan berbekal video call, kamu bisa langsung memberikan saran apa yang bagus dipakai untuk hari tersebut. Jadi kamu tidak harus langsung bertemu.

10. Bisnis Mencari Data di Internet

Kamu sering menghabiskan waktumu di depan komputer? Mungkin ide bisnis ini bisa kamu coba. Tawarkan jasamu untuk mencari informasi apapun itu di internet kepada pelanggan. Siapa tahu dia sedang sibuk sekali sehingga tidak mempunyai waktu untuk mencari data atau informasi dari internet. Setelah menemukan informasi yang dicari, pastikan juga menyertakan link pada rangkumanmu agar mudah dia cek.

Itulah 10 ide “gila” yang bisa kamu coba untuk memulai bisnismu. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk kalian semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *