20 Peluang Bisnis di Tengah Virus Corona

Sejak ditemukannya penyebaran virus corona pada akhir tahun lalu, sudah lebih dari setengah tahun atau hampir 3 kuartal negara-negara di dunia berjuang menghadapi virus tersebut.

Berbagai sektor sudah merasakan efek dari pandemi ini, salah satunya adalah pada sektor ekonomi.

Berbagai cara dilakukan oleh perusahaan untuk tetap survive di tengah pandemi corona. Mulai dari perubahan arah bisnis, sampai dengan pengurangan tenaga kerja atau PHK.

Job (Pekerjaan) adalah akronim dari “Just Over Broke” (Tepat di atas kebangkrutan)

Robert T. Kiyosaki

Satu kutipan yang menggambarkan kondisi para pekerja di tengah pandemi virus corona ini.

Karyawan dan para pekerja yang dirumahkan dalam jangka waktu yang belum ditentukan atau langsung di PHK tentu saja harus memutar otak untuk menghidupi keluarga mereka.

Ada yang berusaha melamar pekerjaan lain sampai dengan mencoba membuka bisnis sendiri.

Baca juga : 10 Ide “Gila” untuk bisnis yang bisa kamu coba !

Baca juga : 10 Pekerjaan sampingan untuk karyawan

Berikut adalah 20 peluang bisnis di tengah virus corona yang dapat diikuti oleh anda.

Hidroponik

Trend budidaya tanaman secara hidroponik akhir-akhir ini sedang naik daun. Hal ini dipengaruhi dengan gaya hidup orang-orang di perkotaan yang mulai beralih menjadi gaya hidup yang sehat. Selain gaya hidup sehat, budidaya tanaman hidroponik juga tidak memerlukan area yang luas seperti halnya budidaya tanaman konvensional. Berhidroponik sudah bisa dilakukan di halaman, beranda atau atap rumah. Jika anda tertarik untuk memulai bisnis hidroponik, silahkan baca juga Analisis Bisnis Hidroponik Rumahan untuk mendapatkan gambaran umum memulai bisnis hidroponik.

Budidaya Ikan Lele

Ikan lele atau catfish terkenal mudah untuk dibudidayakan. Konsumsi ikan lele di masyarakat pun masih terbilang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari jumlah warung pecel lele yang terdapat di hampir setiap jalan-jalan kota di pulau Jawa. Dengan modal 2 jutaan, anda sudah bisa memulai bisnis budidaya ikan lele.

Reseller Produk Kesehatan

Di tengah pandemi virus corona ini, masyarakat berbondong-bondong membeli berbagai produk kesehatan, mulai dari vitamin, supplemen dan obat untuk persediaan selama pandemi. Anda berpeluang untuk meraup cuan dengan bekerja sama dengan supplier produk kesehatan sebagai reseller. Produk kesehatan dapat anda pasarkan di marketplace atau sosial media.

Menjual Masker,Sarung Tangan, Faceshield

Saat ini masker dan sarung tangan merupakan hal yang wajib dimiliki oleh semua orang. Hal ini kemudian memberikan peluang baru yang dapat anda coba. Selain tidak memerlukan modal awal yang besar, anda dapat memasarkan di berbagai platform e-commerce sampai dengan sosial media. Jika produk yang anda jual disukai orang, kemungkinan repeat order akan semakin banyak.

Penulis Lepas

Punya kemampuan dalam merangkai kata? Anda dapat menawarkan jasa menulis artikel untuk perusahaan atau website-website serta blog-blog yang banyak bertebaran di Internet. Anda juga dapat menawarkan jasa anda untuk klien-klien dari seluruh dunia melalui website-website pekerja lepas seperti upwork & freelancer untuk pasar Internasional dan sribujasa atau sejasa untuk pasar dalam negeri.

Jasa Desain Grafis

Desain grafis merupakan jasa yang saat ini sedang banyak dicari oleh banyak orang. Kenapa? Karena ditengah pandemi saat ini, perusahaan-perusahaan gencar melakukan promosi melalui platform online. Selain itu, anda dapat menjual keahlian desain anda di platform pekerja lepas seperti freelancer, upwork, 99design dan masih banyak platform sejenis.

Home Video Editor

Sama dengan desain grafis. Jika anda mempunyai kemampuan dalam melakukan pengeditan, khususnya untuk materi promosi dalam bentuk video, anda dapat menawarkan jasa anda melalui sosial media dengan melampirkan hasil portfolio anda. Anda pun dapat mencoba menawarkan jasa anda kepada para influencer dengan jenis pembayaran per project.

Reseller Print On Demand

Bisnis print on demand saat ini sedang banyak diminati oleh orang-orang. Hanya bermodal kreatifitas dan semangat pantang menyerah, anda bisa meraup cuan sampai dengan 100% modal awal anda. Terdapat beberapa platform penyedia jasa print on demand baik di luar negeri maupun di dalam negeri. Salah satunya adalah dropshipaja.

Reseller Frozen Food

Di tengah pandemi yang melanda saat ini. Frozen food menjadi salah satu peluang untuk mendapatkan keuntungan atau sekedar bertahan hidup di tengah pandemi. Hal ini tidak terlepas dari keputusan pemerintah untuk kembali menerapkan PSBB di beberapa kota besar di Indonesia. Hal ini kemudian berdampak meningkatknya permintaan akan makanan yang dapat disimpan dalam jangka waktu tertentu.

Kopi Seliter

Di saat kopi kekinian sudah mulai meredup karena penerapan pembatasan sosial berskala besar oleh pemerintah. Para pengusaha kopi memutar otak untuk bisa bertahan di tengah pandemi ini. Salah satu caranya adalah dengan menyajikan kopi literan ke konsumen. Cara cerdas ini bisa anda terapkan dari rumah dengan memanfaatkan Gojek dan Grab sebagai sarana pengantaran.

Menjual Aneka Snack

Tidak lengkap saat bekerja tanpa ditemani dengan camilan atau snack. Penerapan PSBB mengharuskan 90 persen karyawan bekerja dari rumah. Hal ini kemudian dapat anda manfaatkan untuk mendapatkan cuan dengan menjual aneka camilan/snack.

Residence Food Truck

Food Truck kerap ditemukan di tempat-tempat penuh keramaian seperti taman bermain atau area perkantoran. Di tengah pandemi ini, beberapa pemilik usaha food truck mencoba untuk menargetkan pasar baru, yaitu para pekerja dari rumah (Worker From Home) dan ternyata cukup ampuh. Paling tidak ini yang terjadi di Seattle, Washington. Tertarik untuk mencobanya?

Menjual Pulsa & Token Listrik

Anda dapat mencoba berjualan pulsa dan token listrik di tengah pandemi virus corona. Sekarang anda lebih dimudahkan dengan berbagai platform untuk memulai bisnis ini. Tawarkan secara offline kepada tetangga dan kenalan anda. Manfaatkan aplikasi perbankan (BCA-Mobile, BRI- Mobile, dll) atau juga bisa mendaftar sebagai mitra tokopeida.

Beauty On Demand

Berkurangnya konsumen di berbagai salon kecantikan, peluang baru pun muncul di tengah pandemi ini. Yaitu beauty on demand. Jika anda mempunyai kemampuan pada bidang satu ini, mungkin tertarik untuk mencobanya. Selain waktu kerja yang lebih fleksibel, anda pun bisa mendapatkan jaringan yang lebih luas dengan klien-klien anda.

Menjual Foto Online

Untuk memulai bisnis ini sekarang tidak memerlukan kamera yang harganya selangit. Berbekal kamera smartphone, anda sudah dapat menjual foto secara online. Berbagai website microstock seperti shutterstock, freepick, dan masih banyak lagi dapat anda manfaatkan untuk menambah passive income. Anda hanya dituntut untuk memberikan foto sesuai dengan ketentuan masing-masing website tersebut.

Menjadi Youtube Content Creator

Dengan adanya penerapan PSBB, para pekerja diharuskan untuk bekerja secara daring atau WFH. Walaupun dalam WFH, terkadang anda akan mempunyai waktu luang yang lebih banyak. Anda dapat menggunakannya untuk membuat konten tertentu dan menguploadnya ke Youtube. Bisa saja saat pandemi ini berakhir anda bisa menjadi pewdiepie-nya Indonesia. Ahsyiaap!

Endorsement Produk melalui Sosial Media

Bekerja dari rumah, sekolah dari rumah dan beraktifitas di rumah dapat anda manfaatkan untuk membangun personal brand anda di sosial media. Saat brand anda sudah mulai dikenal orang. Akan berdatangan permintaan kerjasama untuk memasarkan produk mereka. Walaupun butuh proses lebih lama, tetapi jika anda konsisten maka bisa saja bisnis satu ini akan menjadi bisnis utama anda.

Membuat Podcast

Podcast menawarkan apa yang radio konvensional tidak tawarkan. Yaitu akses untuk memilih. Hal ini pun memberikan peluang kepada anda untuk terjun langsung bukan sebagai pendengar. Melainkan sebagai pembicara. Tawarkan hal yang menarik untuk podcast anda dan jika pendengar menyukainya, anda mungkin akan mendapatkan sponsor, donasi pendengar atau pun iklan pada podcast anda.

Memulai Blog

Sama halnya dengan Youtube, Podcast atau Sosial Media Influencer. Untuk memulai blog anda harus belajar untuk konsisten. Butuh beberapa bulan untuk blog anda mendapatkan traffic yang tinggi. Anda juga perlu untuk meningkatkan pemahaman akan SEO dan berbagai tools dalam aktivitas blogging. Memang tampak rumit, tetapi jika anda berhasil, blog akan memberikan penghasilan yang “lumayan”.

Invoice Financing

Peluang bisnis ini bisa sangat menguntungkan jika anda bisa memanfaatkannya. Saat ini banyak bisnis baru yang membutuhkan modal untuk biaya operasional. Akan tetapi pinjaman ke bank akan memakan waktu yang tidak cepat. Disinilah anda masuk dan menawarkan sebagai pemberi pinjaman kepada pihak yang membutuhkan dana. Anda kemudian dapat meraup cuan dari hasil bunga atau sesuai dengan kesepakatan dengan pemilik usaha. Pastikan semua perjanjian bermaterai ya.

Demikian adalah 20 peluang bisnis di tengah virus corona yang dapat anda coba. Terlepas dari daftar 20 peluang bisnis yang sudah kami buat di atas, pastikan anda melakukan riset terlebih dahulu untuk meminimalkan resiko.

Peluang besar tidak dilihat dengan mata Anda. Peluang besar dilihat dengan pikian Anda.

Robert T. Kiyosaki

3 thoughts on “20 Peluang Bisnis di Tengah Virus Corona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *