Cara Mengembangkan Usaha Dagang di Tengah Pandemi

Tahun 2020 ini seluruh dunia dikagetkan dengan pandemi covid-19 yang mempengaruhi semua sektor dalam suatu negara. Salah satu sektor yang sangat terpengaruh adalah sektor ekonomi. Hampir seluruh negara mengalami resesi. Indonesia pun sudah dapat dipastikan akan mengikuti negara-negara yang sudah memasuki jurang resesi terlebih dahulu. Hal ini jelas akan merubah seluruh strategi bisnis untuk dapat bertahan di masa pandemi ini.

Sering kali di dunia nyata, bukan orang yang pintar yang unggul, tapi orang yang berani.

Robert T. Kiyosaki

Di tengah pandemi ini pun terdapat peluang-peluang yang umumnya tidak akan anda dapatkan dalam keadaan normal. Sebagaimana yang dialami oleh Zoom Video Communications, Inc atau yang lebih kita kenal dengan aplikasi zoom. Menurut CEO Eric Yuan, perusahaan yang berbasis di San Jose, California, United States ini mengalami peningkatan pengguna hingga 120 persen pada maret lalu.

Baca juga : 20 Peluang Bisnis di Tengah Virus Corona

Baca juga : 10 Ide β€œGila” untuk bisnis yang bisa kamu coba !

Hal ini menandakan bahwa walaupun dalam kondisi pandemi pun, usaha yang anda miliki tetap dapat bertahan dan bisa saja malah akan semakin berkembang. Berikut ini adalah cara mengembangkan usaha dagang di tengah pandemi.

Merubah Strategi Bisnis

Di tengah pandemi covid-19, pengusaha diwajibkan untuk merubah strategi bisnis mereka untuk tetap dapat mengembangkan usaha mereka. Anda selaku seorang pengusaha pun sudah harus memikirkan berbagai strategi agar usaha anda dapat berkembang dengan baik.

Dengan menggunakan strategi yang tepat, usaha anda dapat bertahan atau pun malah akan berkembang di tengah pandemi covid-19. Strategi yang tepat juga akan mempermudah anda untuk menentukan anggaran yang harus anda keluarkan, kemudian tindakan apa yang harus anda ambil selanjutnya.

Mencari Supplier / Produsen Terpercaya

Ketidakpastian di tengah pandemi membuat para pengusaha termasuk anda untuk selalu mempersiapkan peluru ekstra. Usaha dagang sangat bergantung kepada supplier utama atau produsen. Untuk memastikan produk yang anda jual selalu tersedia, pastikan anda mencari supplier/produsen terpercaya. Pastikan anda mempunyai beberapa alternatif supplier sehingga ketika salah satu supplier tidak dapat memenuhi permintaan konsumen anda, masih ada beberapa supplier yang mungkin dapat membantu anda.

Mengamankan Jalur Distribusi

Diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar pada beberapa kota di Indonesia berpotensi menyebabkan jalur distribusi anda ke konsumen terganggu. Untuk itu sangat penting bagi anda untuk mengetahui secara jelas tentang jalur distribusi yang anda pakai. Bila perlu siapkanlah alternatif jalur distribusi lain untuk berjaga-jaga.

Tingkatkan Promosi

Saat ini kesempatan anda untuk menjangkau konsumen baru sangat terbuka lebar. Hal ini dikarenakan kebijakan pemerintah untuk bekerja dari rumah (WFH) mengakibatkan hampir 80 persen pekerja melakukan aktivitas bekerja dari rumah. Dengan demikian, konsumen akan mempunyai waktu yang lebih banyak dalam mengakses internet. Buatlah promosi yang menarik dan tertarget. Setelah itu tingkatkan frekuensi promosi anda sehingga produk atau jasa yang anda tawarkan akan lebih banyak dikenal orang. Manfaatkan sosial media, website serta platform e-commerce untuk mengenalkan brand anda kepada para konsumen.

Utamakan Pelayanan Konsumen

Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, cara terbaik yang dapat anda lakukan adalah dengan mengutamakan pelayanan akan konsumen. Dengan melakukan hal tersebut, anda secara tidak langsung akan memiliki base konsumen yang akan tetap bertahan dengan brand anda. Hal ini juga akan meningkatkan peluang repeat order oleh konsumen. Terlambat membalas pertanyaan konsumen serta kurangnya product knowledge adalah kesalahan fatal yang bisa mengakibatkan kepercayaan konsumen menurun. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menjaga kepercayaan konsumen dengan cara memposisikan mereka sebagai potential buyer. Anda dapat memanfaatkan teknologi digital untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen anda. Pastikan selalu melakukan update mengenai produk dan jasa anda kepada konsumen. Berikan pula pelayanan terbaik anda yang akan meninggalkan kesan ramah dalam melayani segala kebutuhan konsumen.

Kenali Kompetitor

Pastikan anda tahu siapa kompetitor anda. Kompetitor dalam dunia usaha dapat anda ibaratkan sebagai acuan dalam mengembangkan usaha dagang anda. Perhatikan apa kelebihan pada kompetitor yang tidak anda miliki. Dengan begitu, anda akan mempunyai tujuan yang lebih jelas dalam rangka mengembangkan usaha dagang anda. Tidak harus melakukan persis apa yang kompetitor anda lakukan, tetapi lakukanlah sesuatu yang tidak kompetitor anda lakukan, misalnya dengan meningkatkan pelayanan konsumen hingga melakukan inovasi pada produk atau jasa anda.

Lakukan Inovasi Produk

Perubahan tren merupakan tantangan yang tidak dapat anda hindari dalam upaya untuk mengembangkan usaha dagang anda. Bukan berarti tren tidak dapat ditebak. Anda dapat memanfaatkan teknologi digital untuk melakukan analisis terhadap tren yang akan datang. Walaupun tidak 100 persen akurat, akan tetapi anda sudah mempunyai gambaran umum seperti apa inovasi yang akan anda hadirkan. Dengan melakukan inovasi berdasarkan permintaan pasar, anda akan selangkah lebih maju dari kompetitor anda.

Efisiensi Biaya Operasional

Dalam mengembangkan usaha dagang anda, khususnya di tengah pandemi covid-19 ini. Efisiensi biaya operasional adalah suatu kewajiban setiap pengusaha. Anda harus memastikan aliran kas anda positif. Artinya pengeluaran usaha anda harus lebih kecil dari penghasilan yang usaha anda hasilkan. Dengan demikian, perkembangan usaha anda akan lebih cepat terasa karena biaya operasional dikelola secara efisien.

Melakukan Pembukuan

Melakukan pembukuan adalah kegiatan yang wajib anda lakukan jika ingin usaha dagang anda dapat berkembang. Dengan adanya pembukuan yang baik, anda dapat mengetahui kondisi keuangan usaha anda. Apakah alur kas anda dalam kondisi sehat atau tidak. Jangan kaget jika hampir 90 persen usaha gagal karena tidak mempunyai pembukuan yang baik. Hal ini diakibatkan karena pembukuan yang dilakukan ala kadarnya. Salah satu cara untuk melakukan pembukuan yang baik adalah dengan mempekerjakan seorang akuntan. Selain itu, pembukuan juga merupakan salah satu faktor dalam menentukan strategi usaha dagang anda di masa depan.

Lakukan Investasi

Penghasilan usaha dagang yang anda miliki dapat diinvestasikan kembali sehingga keuntungan yang anda dapatkan bisa terus berputar. Saat ini sudah banyak sekali media investasi yang dapat anda coba, seperti reksadana, saham, emas, deposito hingga properti. Selain itu pastikan anda juga harus berinvestasi kepada diri anda sendiri dengan mempelajari semua instrumen investasi untuk meminimalkan potensi kerugian saat memulai investasi.

Demikian adalah cara mengembangkan usaha dagang anda di tengah pandemi. Terlepas dari itu semua, pastikan anda memilih usaha yang tepat sebelum memutuskan untuk terjun ke dalam dunia usaha.

3 thoughts on “Cara Mengembangkan Usaha Dagang di Tengah Pandemi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *