Cara mudah resize file pdf ala karyawan

Hai sahabat Karya Life. Tidak terasa ya, sudah mau gajian aja hehe. Tahukah kamu untuk meningkatkan kinerja perusahaan, umumnya perusahaan akan mengadakan training dan seminar bagi karyawannya. Training yang diadakan pun berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut. Bagi perusahaan yang bergerak pada bidang IT, tentu saja hal yang sangat penting adalah memastikan karyawannya dapat menguasai dan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan pemrograman dan sebagainya. Hal ini berlaku juga bagi perusahaan dengan core bisnisnya masing-masing. Kegiatan ini tentu saja bagus untuk karyawan dan perusahaan itu sendiri.

Akan tetapi dibandingkan dengan skill-skill khusus yang diajarkan para ahli, terkadang beberapa skill sederhana dapat membantumu menyelesaikan pekerjaan sehari-hari dengan lebih efisien. Skill berikut ini aku pelajari ketika mendapatkan permintaan untuk “dengan cepat” meresize ukuran file pdf.

Sebenarnya kamu dapat meresize ukuran file secara online, akan tetapi kali ini aku cuma akan membahas cara meresize ukuran file dengan program Nitro Pro 8.  Hal pertama yang kamu perlukan adalah mendownload program Nitro Pro 8. Kamu dapat mendownload Nitro Pro 8 pada link berikut : Nitro Pro 8.

Cara meresize ukuran file menggunakan Nitro Pro 8

  • Buka program Nitro Pro 8.
  • Open file yang mau kamu resize.
  • Setelah file yang mau kamu resize terbuka,
Tampilan Nitro Pro 8
  • Ikuti langkah berikut : File > Optimize pdf
  • Akan terbuka seperti ini

Pada Optimize Document terdapat Tab Images dan Tab Remove Objects.

Karena tujuan kita adalah meresize file maka kita akan mengabaikan Tab Remove Objects.

Pada Tab Images terdapat enam pilihan yaitu :

  • Web Quality

Pilihan ini bertujuan untuk meresize file yang akan digunakan ketika file tersebut ingin kita kirim via email, website dan media online yang merekomendasikan ukuran file yang kecil namun masih tetap terbaca.  Pilihan ini akan meresize file menggunakan 150 dpi.

  • Office Quality

Pilihan ini akan meresize file menggunakan 300 dpi. Biasanya digunakan untuk file draft dengan ukuran sedang namun masih layak untuk di cetak.

  • Professional Quality

Pilihan ini satu tingkat di atas Office Quality, dimana file akan menggunakan 600 dpi. Berarti pada setingan ini, file yang di cetak akan memberikan hasil cetakan yang optimal.

  • As close to original

Pilihan ini  tidak memberikan banyak perbedaan pada ukuran file, oleh sebab itu kebanyakan orang sering mengabaikan pilihan ini.

  • Leave image as is

Sebenarnya aku agak bingung dengan pilihan ini. Menurutku pilihan ini tidak dimaksudkan untuk meresize suatu file. Lantas kenapa ditaruh di sini hhe.

  • Custom

Apabila keempat pilihan di atas tidak memberikan hasil yang kamu inginkan, maka disinilah pilihan custom hadir. Custom adalah pilihan yang diberikan kepada user agar user dapat secara bebas menentukan kualitas yang dinginkan.

Custom

Pada tampilan di atas, terdapat tiga pilihan yang dapat kamu atur untuk mengurangi ukuran file kamu. Tiga pilihan tersebut adalah Color Images, Grayscale Images dan Monochrome Images.

Semakin kecil tingkat Downsample (DPI) yang kamu pilih, semakin kecil ukuran file yang akan kamu dapatkan. Untuk mendapatkan ukuran file yang lebih kecil namun kualitas gambar masih bisa dilihat, aku sarankan kamu agar memilih tingkat dpi yang tidak kurang dari 120, karena semakin kecil dpi maka akan semakin berkurang pixel gambar tersebut.

Setelah kamu menentukan setingan sesuai kebutuhan, tinggal klik ok dan Optimize. Nitro Pro 8 akan menampilkan file yang kamu resize dengan nama namafile_opt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *