Hati-Hati Menggunakan PC dan PCS dalam Bertransaksi

Ketika anda berbelanja baik secara offline maupun online, anda pasti sering menemukan istilah pc dan pcs. Biasanya pc dan pcs ditemukan pada kemasan untuk menentukan kuantitas dari produk yang anda beli. Selain itu, dalam dunia perniagaan, penggunaan pc dan pcs sudah sangat umum digunakan untuk mempermudah proses transaksi. Tetapi tahukah anda kalau kedua istilah ini mempunyai arti yang berbeda dalam penggunaannya.

Baca juga : Analisis Bisnis Hidroponik Rumahan

Asal Mula Penggunaan PC dan PCS

Ketika waktu di bangku sekolah, anda pasti telah mempelajari tentang satuan kuantitas suatu benda. Misalnya anda diminta untuk membeli buah. Tentu saja anda akan mengatakan “beli 10 buah mangga” kepada penjual atau jika anda ingin membeli kertas, maka anda akan mengatakan “beli 20 lembar kertas” kepada orang yang menjual kertas tersebut. Tetapi terkadang dalam dunia perdagangan hal tersebut akan dikesampingkan. Walaupun tidak sepenuhnya benar, kita kerap kali menggunakan istilah pc dan pcs dalam bertransaksi.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, tidak terdapat istilah PC dan PCS dalam menentukan kuantitas satuan barang. Penggunaan piece dan pieces mulai digunakan dan terkenal di Indonesia dikarenakan faktor semakin mudahnya akses perdagangan dengan negara-negara barat. Sehingga untuk menghindari kebingungan dan meminimalkan kesalahan dalam transaksi, hampir semua perusahaan saat ini menggunakan pc dan pcs dibandingkan istilah-istilah satuan lainnya.

Pengertian PC (Piece)

PC adalah singkatan dari PIECE. Sebuah kosa kata dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris piece mempunyai arti potongan atau bagian. Kosa kata ini digunakan untuk menentukan jumlah satuan barang dalam bentuk tunggal. Artinya penggunaan piece hanya dipergunakan jika anda membeli barang dengan jumlah satu, baik itu satu box, satu pak atau pun satu roll.

Pengertian PCS (PIECES)

PCS adalah singkatan dari PIECES dan merupakan bentuk jamak dalam kosa kata bahasa Inggris. Penggunaan pieces dalam sebuah transaksi pasti melibatkan kuantitas yang banyak, paling tidak harus lebih dari satu unit.

Penggunaan PC dan PCS dalam Dunia Kerja

Penggunaan pc dan pcs dalam dunia kerja cukup penting. Hal ini terjadi karena penggunaan pc dan pcs juga harus memperhatikan konteks. Misalnya perusahaan anda merupakan produsen sandal dan kemudian dijual ke pasaran dengan deskripsi satu pieces sandal. Pada konteks ini pembeli sudah bisa langsung mengetahui bahwa anda menjual satu set sandal karena tidak mungkin anda hanya memproduksi satu sisi sandal saja untuk dijual.

Sama halnya pun ketika anda ingin mencetak beberapa pcs foto ke dalam 1 pc kertas A4. Artinya dalam 1 lembar kertas A4, terdapat beberapa foto yang berukuran lebih kecil dari kertas A4.

Mungkin anda berpikir kenapa tidak menggunakan lembar atau buah atau jenis satuan yang sudah jelas terdapat dalam KBBI? Dalam dunia perniagaan sangat penting untuk mendapatkan data yang valid dan tidak menimbulkan kebingungan. Dengan demikian penggunaan pc dan pcs sangat membantu dalam menyederhanakan informasi yang akan diolah oleh manajemen perusahaan sehingga terhindar dari kesalahan data yang berujung kerugian pada perusahaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *