Peluang Bisnis Print On Demand

Bisnis print on demand beberapa tahun ini mulai banyak terdengar oleh masyarakat Indonesia. Bisnis ini memungkinkan orang-orang untuk membuat sendiri merchandise yang mereka inginkan. Berbeda dengan merchandise pada umumnya yang mempunyai desain serupa, bisnis print on demand memberikan kebebasan kepada konsumen dalam memilih atau membuat desain mereka sendiri kemudian akan diproduksi khusus dalam jumlah yang diinginkan.

Pengertian Bisnis Print on Demand?

Print on Demand atau yang biasanya disingkat dengen POD merupakan konsep bisnis baru berupa perpaduan antara teknologi, produksi dan jasa dalam sebuah platform berdasarkan permintaan konsumen. Platform POD memungkinkan konsumen untuk secara langsung memakai desain yang sudah ada atau membuat desain baru serta merubah desain sesuai dengan keinginan konsumen. Kebebasan yang diberikan kepada konsumen merupakan nilai tambah yang menjadi daya tarik orang-orang untuk ikut menggeluti bisnis satu ini. Dengan adanya bisnis print on demand, orang-orang akan mampu menghadirkan produk eksklusifnya sendiri.

Peluang Bisnis Print on Demand

Setelah diperkenalkannya bisnis print on demand pada beberapa tahun terakhir ini, bisnis ini menghadirkan peluang-peluang yang menarik minat banyak orang. Secara umum, terdapat tiga peluang utama dalam bisnis ini. Peluang tersebut dikategorikan berdasarkan modal yang dimiliki.

Peluang Bisnis Print on Demand sebagai Produsen

Sebagai produsen tangan pertama. Anda membutuhkan modal yang cukup besar untuk memulai bisnis print on demand. Modal tersebut akan digunakan untuk membeli peralatan produksi, bahan-bahan yang diperlukan seperti mug, case hp, baju, topi dan lain-lain. Selain itu untuk mempermudah jangkauan konsumen, platform online merupakan hal yang wajib dimiliki. Modal awal yang besar tentu saja akan membuat orang berpikir lagi untuk memulai bisnis print on demand sebagai produsen tangan pertama. Walaupun begitu, sebagai produsen tangan pertama, anda akan mempunyai privilage (hak khusus) untuk meningkatkan penjualan dengan menggunakan sistem leverage (daya ungkit).

Untuk mendapatkan Rp 100.000.000,- bukanlah hal yang susah.

Anda hanya perlu mencari 100 orang untuk menjual satu produk dengan harga Rp 1.000.000,- atau

Anda hanya perlu mencari 1000 orang untuk menjual satu produk dengan harga Rp 100.000,-

Dengan menggunakan sistem leverage, produsen tangan pertama dalam bisnis apapun akan mendapatkan efek snowball. Apa itu efek snowball? Akan saya jelaskan di artikel yang lain.

Intinya dengan adanya leverage, keuntungan bisnis print on demand akan berlipat ganda. Strategi yang tepat dalam meningkatkan value bisnis print on demand akan sangat membantu anda dalam mengembangkan bisnis tersebut.

Baca juga: Cara Mengembangkan Usaha Dagang di Tengah Pandemi

Peluang Bisnis Print on Demand sebagai Reseller

Reseller atau penjual merupakan kerjasama antara produsen dengan penjual dimana penjual mendapatkan potongan harga dari produsen untuk memasarkan produk mereka. Perbedaan harga jual itulah yang disebut dengan profit margin atau keuntungan dari hasil perbedaan harga dalam penjualan.

Sebagai contoh reseller membuat desain kemudian melakukan pemesanan kepada produsen dengan kuantitas 20 pcs baju kaos. Produsen kemudian memberikan harga khusus reseller lebih murah 30 persen dari harga jual di pasaran. Jika harga pasaran 1 pc kaos adalah Rp 50.000, maka reseller hanya perlu membayar Rp 35.000 ke produsen. Dengan demikian, reseller akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp 15.000,- dikalikan dengan 20 pcs sehingga total keuntungan sebesar Rp 300.000,- itu pun masih bisa dimark up oleh reseller dengan melakukan bundling.

Sebagai reseller, anda diharuskan untuk memiliki stok barang dalam berjualan. Pada bagian inilah, pengetahuan tentang target pasar dan tren merupakan hal wajib yang harus anda update setiap hari.

Saat ini pemasaran sebagai reseller sudah lebih mudah dan mempunyai jangkauan yang lebih luas. Dengan memanfaatkan teknologi digital, seorang reseller mampu meraup keuntungan dari bisnis print on demand. Marketplace berupa toko online dan offline dapat menjadi pilihan dalam memulai bisnis print on demand sebagai reseller. Selain itu, sosial media juga dapat dimanfaatkan oleh reseller untuk menarik konsumen melalui promo-promo.

Peluang Bisnis Print on Demand sebagai Dropshipper

Berbeda dengan reseller yang memerlukan stok dalam menjalankan bisnis print on demand. Sebagai dropshipper anda tidak diharuskan memiliki stok terlebih dahulu saat memulai bisnis ini. Oleh karena itu, pilihan paling murah bagi anda yang mau memulai bisnis print on demand adalah sebagai dropshipper.

Dengan bermodalkan smarphone atau laptop dan ditambah dengan sedikit kemampuan desain, anda sudah bisa menjadi seorang dropshipper dan mendapatkan keuntungan dalam bisnis print on demand.

Keuntungan terbesar dropshipper adalah semua proses produksi sampai dengan distribusi dilakukan oleh produsen. Produsen juga memberikan kebebasan kepada dropshipper untuk membuat brandnya sendiri. Hal ini membuat dropshipper mempunyai kebebasan dalam melakukan strategi pemasaran. Selain itu, dengan tidak diharuskan mempunyai stok terlebih dahulu, biaya penyimpanan hampir tidak ada serta kerugian dalam kegagalan pemasaran dapat diminimalkan.

Untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis print on demand, dropshipper disarankan untuk melakukan pemasaran melalui sosial media dibandingkan marketplace online atau e-commerce. Hal ini dimaksudkan karena pada marketplace online seperti tokopedia, shopee, dll, mempunyai potensi perang harga yang lebih tinggi dibandingkan sosial media. Selain itu sebagian besar marketplace mengharuskan ketersediaan barang yang akan dipasarkan. Walaupun memang terdapat pula pilihan pre order, tetapi psikologi pembeli pada marketplace online seperti tokopedia sangat berbeda dengan pembeli dari sosial media.

Jika pada reseller anda harus mengeluarkan biaya pembelian terlebih dahulu, seorang dropshipper tidak perlu pusing dengan biaya tersebut. Anda cuma perlu menawarkan harga barang yang sudah dimarkup ke konsumen disertai dengan desain yang menarik. Ketika terjadi transaksi, uang hasil pembelian tersebut yang nantinya dapat anda gunakan untuk memesan barang pada produsen.

Website Bisnis Print on Demand

Tertarik untuk memulai bisnis print on demand? Saat ini sudah banyak sekali produsen bisnis print on demand yang dapat anda pilih untuk bekerja sama sebagai reseller atau dropshipper. Pastikan anda memilih produsen print on demand sesuai dengan kriteria yang anda inginkan. Berikut ini adalah beberapa website produsen bisnis print on demand dalam dan luar negeri.

Dalam Negeri

Printondemand.co.id

Platform satu ini adalah perusahaan print on demand yang melayani berbagai kebutuhan-kebutuhan percetakan yang berhubungan dengan buku. Berbagai perlengkapan buku seperti cover buku, layout buku serta berbagai kebutuhan cetak untuk perusahaan dapat anda produksi disini. Platform printondemand.co.id juga membantu para penulis untuk memasarkan buku melalui website mereka, serta akan melakukan pengiriman buku tersebut ke berbagai wilayah di Indonesia.

Blazbluz.com

Blazbluz merupakan platform print on demand untuk produk-produk berupa kaos, sweater, jaket dan hoodie. Hasil desain yang anda buat dapat anda pasarkan langsung atau melalui campaign yang diadakan oleh pihak Blazbluz. Hasil penjualan kemudian akan dibagi sesuai dengan ketentuan yang sudah disepakati. Bagi anda yang tidak mempunyai keahlian dalam mendesain, tentang saja. Platform satu ini menyediakan fitur realtime design pada websitenya dengan berbagai macam template yang dapat anda coba.

tees.co.id

Dibandingkan dengan kedua platform sebelumnya. Platform tess.co.id menghadirkan lebih banyak varian produk seperti mug, kaos, totte bag, casing, casing hp dan masih banyak lagi.
Keleluasan memilih produk untuk ditawarkan kepada konsumen merupakan nilai lebih dari platform print on demand satu ini.

dropshipaja.com

Tidak kalah dengan beberapa platform print on demand yang sudah disebutkan di atas. Dropshipaja menghadirkan berbagai pilihan produk seperti casing hp, mug, kaos, hoodie dan jaket. Sekilas tidak terlalu berbeda dengan tees.co.id tetapi yang membedakan dropshipaja dengan platform yang lain adalah layanan terhadap dropshipper yang sangat bagus. Setiap bulannya dropshipaja akan mengadakan program untuk meningkatkan penjualan dari para dropshipper. Selain itu, berbagai macam promo seperti potongan harga sampai dengan gratis ongkir ke seluruh Indonesia sangat sering diadakan.

Luar Negeri

Teespring.com

Tidak jauh berbeda dengan platform print in demand di dalam negeri. Teespring.com menghadirkan berbagai varian produk disertai kemudahan dalam melakukan desain. Selain itu ada salah satu fitur yang membuat teespring.com lebih unggul dibandingkan dengan platform print on demand lainnya. Fitur tersebut adalah one for all design. Intinya fitur ini memberikan kemudahan bagi desainer dalam melakukan fitting desain ke banyak produk sekaligus. Dengan demikian, anda hanya membutuhkan satu buah desain untuk berbagai macam baju, hoodie, scarf dan masih banyak lainnya.

Redbuble.com

Kalau platform print on demand yang sudah dijelaskan sebelumnya masih belum cukup varian produknya, Redbuble.com bisa menjadi jawaban anda. Platform ini menyediakan varian yang lebih luas, mulai dari pakaian, gift, aksesoris, wall art hingga home & living.

Setelah mengetahui seluk beluk tentang bisnis print on demand. Sekarang saatnya bagi anda untuk memilih platform yang paling sesuai dengan kebutuhan anda. Peluang bisnis yang paling bagus pun hanya akan menjadi peluang jika tidak dieksekusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *