Tarif baru kirim kendaraan dari Jakarta dengan Kereta Api

Mendekati akhir tahun, sahabat Karya Life pasti sudah punya rencana untuk menghabiskan akhir tahun ini. Baik itu dengan menghabiskan waktu liburan dengan teman-teman atau pun keluarga tercinta di kampung. Sarana transportasi yang dapat kamu gunakan pun bermacam-macam, salah satunya adalah kereta. Kereta tidak hanya digunakan untuk sarana transportasi, tetapi bisa juga untuk melakukan pengiriman barang. Perusahaan yang menaungi kegiatan pengiriman barang adalah Kereta Api Logistik (KALOG) yang merupakan anak perusahaan Kereta Api Indonesia.

Kereta Api Logistik sendiri beroperasi dibeberapa stasiun di Jakarta. Salah satunya adalah Stasiun Jatinegara dan Stasiun Manggarai. Aku kemudian memilih Kalog Jatinegara karena terletak paling dekat dari tempat tinggalku. Hal ini juga sengaja aku lakukan mengingat bahan bakar motor akan dikuras habis oleh petugas sebelum dipacking. Kalog Jatinegara sendiri terletak sekitar 500 meter setelah belokan pertama dari Stasiun Jatinegara (dari arah Cawang). Tempatnya berada persis di sisi kiri jalan. Pastikan kamu pelan-pelan berkendara agar dapat melihat papan nama yang kadang tertutup truck-truck ekspedisi.

Untuk jam operasional sendiri, Kalog Jatinegara mulai buka pukul 08.00 WIB. Sesampainya disana, kemudian kamu akan menemui petugas yang akan mengurus proses administrasi sampai dengan proses pengecekan dan packing.

Proses Administrasi

Kantor Kereta Api Logistik Jatinegara

Pada bagian ini, petugas akan menanyakan tujuan pengiriman dan jenis barang yang ingin dikirim. Untuk kendaraan bermotor, pengiriman harus dilengkapi dengan STNK asli. Kamu juga diharuskan untuk mengisi detail informasi pengirim dan penerima. Pastikan untuk mengisi nomor telpon penerima dengan nomor yang masih aktif. Hal ini dikarenakan dari pihak Kalog hanya akan menginformasikan kendaraan telah sampai pada nomor tersebut.

Saat menanyakan harga pengiriman, aku cukup terkejut dengan tarifnya. Untuk motor bebek tarif dari Jakarta ke Madiun adalah Rp. 793.800,- . Lumayan juga kan?  Ternyata tarif tersebut memang mendapatkan kenaikan kurang lebih sebesar Rp. 200.000,- sejak April 2019. Hal tersebut juga berlaku untuk jenis kendaraan yang lain. Biaya pengiriman pun berbeda-beda sesuai dengan jenis barang yang dikirim. Untuk sepeda berkisar antara Rp.175.000 – Rp.700.000, sedangkan untuk kendaraan bermotor dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu motor bebek < 130cc, motor laki/bebek 130cc – 150cc, motor sport 150cc – 250cc dan moge > 250cc.

Tarif lengkapnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Tarif Pengiriman Kereta Api Logistik 2019

Proses Pengecekan

Ketika semua proses administrasi sudah selesai, maka petugas akan melakukan pengecekan terhadap kondisi kendaraan sebelum di packing. Hal ini diperlukan untuk memastikan kondisi motor ketika tiba ke tempat tujuan sesuai dengan kondisi saat pengiriman. Setelah pemeriksaan, petugas akan memberikan checklist kondisi kendaraan kamu.

Checklist Kendaraan

Packing

Proses yang terakhir sebelum kendaraan kamu dikirim adalah packing. Untuk packing sendiri akan dikenakan biaya tersendiri di luar biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000,-.

Estimasi kendaraan tiba di Madiun adalah 1-2 hari. Beberapa kota tujuan akan memakan waktu lebih lama tergantung dari jarak kota tersebut.

Oh ya, satu pesan dari aku. Ketika semua proses selesai, jangan lupa untuk memberikan kunci kendaraan kamu ke petugas ya, kan ga lucu kalau motornya sudah sampai di stasiun tujuan tetapi kuncinya ga ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *